Update Resource Mobile Legend Berhenti? Begini Solusinya

Proses update resource Mobile Legend terhenti

Halo pemain Mobile Legend Bang Bang, kali ini saya akan menshare cara memperbaiki atau mengatasi update resource Mobile Legend yang berhenti alias persennya tidak naik-naik.

Bagi yang bertanya-tanya apa itu update resource, silahkan google dulu ya…hehehe, bercanda kok. Update resource adalah proses update untuk melengkapi data-data pada game misalnya tampilan hero, skin, map dan yang lainnya.

Biasanya proses update ini dilakukan pada saat kita pertama kali menginstall dan menjalankan aplikasi Mobile Legend dari Google Play Store atau setelah mengupdate aplikasi Mobile Legend.

Nah, data resource ini sangat penting karena merupakan bagian dari game. Jadi kalau sobat belum mengupdate resource maka beberapa skin dan hero tidak muncul dan lebih parahnya lagi kita hanya akan melihat bola-bola cahaya untuk beberapa hero pada saat gameplay.

Untuk itu disarankan sobat betul-betul selesai mengupdate semua resource game sebelum sobat finding match agar gameplay tidak terganggu.

Persen update tidak berjalan

Lalu bagaimana jika proses update resource berhenti?

Beberapa kasus dan sering menjadi masalah bagi para pemain Mobile Legend adalah proses update yang terhenti tanpa sebab. Di beberapa forum sering muncul pertanyaan tentang apakah memori yang rendahkah, koneksi yang lambatkah dan semisalnya.

Saya juga salah satu yang mendapatkan masalah ini dan saat artikel ini ditulis, Mobile Legend di hp saya masih dalam proses update, hehehe.

Ok, kembali ke topik untuk mengatasi masalah update.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya tentang masalah yang mungkin menjadi penyebab terhentinya update adalah memori rendah dan konkesi internet yang lambat, sama sekali tidak membantu dalam mendiagnosis masalah ini, wets.

Contohnya untuk ponsel yang saya gunakan adalah Mi4C keluaran Xia**omi dengan RAM 3GB yang terhubung ke jaringan fiber optik indihome 20Mbps, proses update resourcenya tetap berhenti. Terbukti kan? Jadi masalahnya bukan pada kedua hal tersebut.

Baca juga:  Tutorial Cara Membuat Virtual Host pada UwAmp

Coba jaringan yang lain

Karena sering kesal dengan keadaan seperti ini, maka saya mencoba alternatif lain yaitu mencoba terhubung ke jaringan dari provide yang lain. Dan hasilnya…jeng..jeng..jeng.., proses update resource berjalan lancar jaya walaupun kadang tersendat-sendat.

Ternyata selama ini yang menjadi masalah adalah koneksi jaringan internet yang disediakan oleh Tel**kom. Tidak tahu mengapa demikian dan memang jaringan dari Tel**kom ini rada-rada lambat juga jika membuka beberapa website tertentu.

Lalu apakah solusinya hanya sampai di sini? Tentu tidak. Ada beberapa masalah tambahan yang muncul jika menggunakan solusi ini:

Pertama, jika menggunakan provider lain maka ada yang disebut dengan kuota. Size resource Mobile Legend bisa dibilang cukup besar hingga sekitar 600MB. Ditambah dengan harga kuota yang bisa dikatakan masih mahal (mungkin), bisa-bisa setelah update, kita tidak bisa bermain karena kuota habis.

Kedua, bagi yang suka nongkrong-nongkrong di warkop sambil war, tentu lebih memilih WiFi warkop untuk bermain dibandingkan menggunakan kuota sendiri, kan sayang sudah bayar WiFi nya tidak dipake.

Menggunakan VPN

Setelah berpikir dalam keadaan berdiri, duduk dan tidur, akhirnya muncul solusi yang sebenranya cukup mudah, walaupun telah banyak kuota yang hangus sebelum solusi ini muncul.

Daripada mengganti provider internet, kenapa tidak menggunakan VPN saja? Mungkin ada beberapa diantara sobat yang belum paham apa itu VPN.

Jadi sederhananya begini, mengapa proses update resource Mobile Legend dapat lancar jika menggunakan provider lain? karena dengan mengganti provider maka kita secara otomatis akan mengganti server internet kita jadi proses download dapat berjalan mulus dengan server yang lain selain server Tel**kom.

Dari pemikiran itulah saya mencoba mengkoneksikan game Mobile Legend melalui VPN yang tetap terhubung ke jaringan WiFi indihome dengan menggunakan Hola VPNĀ yang bisa sobat download di Google Play Store.

Baca juga:  Mobile Legend: Bang Bang, Game MOBA Populer Saat Ini

Setelah Hola VPN terdownload, silahkan dibuka dan lanjutkan setiap step hingga muncul beberapa aplikasi yang terinstall di ponsel.Pengaturan Hola VPN

Pilih Mobile Legend, kemudian klik “Access From” pada sebelah kiri. Sentuh pada “Serach the country” dan ketik cari singapura. Selanjutnya pilih server Singapura kemudian sentuh “Open” untuk membuka game Mobile Legend.

Tunggu beberapa saat hingga hola dapat terhubung ke VPN. Apabila muncul notifikasi perizinan aplikasi maka pilih setuju atau agree. Setelah masuk di game, maka proses update resource Mobile Legend akan lancar jaya.

Jika sobat telah selesai mengupdate resource, sobat bisa menutup aplikasi Hola VPN jika ingin finding match atau bermain karena jika menggunakan VPN biasanya akan menyebabkan lag pada gameplay.

Sekian tipsnya semoga bermanfaat…

Please follow and like us: